Google+

Jika Aku Tidak Bisa Bersamamu Sekarang

Leave a comment

March 14, 2009 by willamnasution

Jika aku tidak bisa bersamamu sekarang, biarkanlah kata-kata ini meluncur bersama langkahmu. Jika kamu sudah tidur sekarang, biarkanlah kata-kata ini menjadi selimutmu. Di Bandung atau dimanapun juga, biarkanlah setiap kata yang kamu baca mengingatkan akan diriku.

Hanya dengan kata-kata ini aku bisa dekat denganmu, hanya dengan kata-kata ini aku bisa menggapaimu. Meskipun huruf terpenjara oleh bentuk dan dimensi, tapi apa yang telah kutulis terbaca juga oleh hati dan akan menjadi doa yang secara ajaib didengar oleh angkasa.

Begitu banyak yang ingin dibicarakan, hingga akhirnya tak sepatah katapun terucapkan.Dunia bisa jungkir balik, waktu bisa berhenti, dan mata bisa terpaku padamu. Tapi di atas kertas aku mencoba membuat petaku sendiri menuju taman dalam sanubari. Di atas kertas aku mencoba memecahkan teka-teki, mengobati luka yang tak kunjung ditemukan penyembuhnya.

Seandainya kamu pernah mengerti atau sampai pada suatu kesimpulan, pastikan itu bukan karena aku, pastikan aku bukan ada karenamu. Karena aku masih mencari lewat kata-kataku sendiri. Jejak yang coba kusingkapkan sendiri. Hanya lewat kata-kata ini aku akan sampai  di bibir  alam semesta, dan disana aku menunggu dia berbicara. Tidak lewat aksara, tapi kuterima semuanya dengan segenap panca indra. Dan aku satu bersamanya. Melebur menjadi nyanyian, senandung masa.

Senang bertemu lagi denganmu, meskipun itu hanya lewat kata-kata. Kata-kata yang tak mungkin kuucapkan padamu, tidak juga sebagai kalimat pembuka, karena seluruh ragaku sudah mengutarakan itu semua, bahkan sebelum dirimu bertemu diriku.
Suatu saat kamu akan berpikir ada aku dibelakangmu, suatu saat kamu akan membaca salah satu tulisanku. Dan suatu saat kamu akan berkata-kata sendiri dalam hatimu, bertanya tentang kabarku.

Pastikan kujawab semuanya baik-baik saja, pastikan wajahku yang tersenyum yang kau ingat, pastikan aku akan selalu ada dalam hidupmu, menjadi sebuah fragmen kecil dalam sebuah naskah yang dirimu pernah mainkan. Dan hanya lewat kata-kata itulah kaupun akan menggapai diriku, menjadi doa setiap manusia yang rindu.

Jika aku tidak bisa bersamamu sekarang, jika aku tidak pernah bisa bersama denganmu dalam waktu, biarkanlah begitu, biarkanlah kata-kata ini selalu mencarimu.

Leave a Reply

Yang Paling Banyak Dibaca

Arsip

